Sunday, February 10, 2008

Giant Global Graph itu Keren Abis

Susah banget nemu Tech Blog Indonesia yang bener-bener up to date dan kritis. Akhirnya kuputuskan untuk bikin sendiri. Ini blog keduaku setelah Cybersituationist, feel free to check it out (ya, itu blog yang bener; latar belakangku emang sastra dan Cultural Studies). Dan 10 Februari ini proyek besar kerjaan oursourcingku akhirnya beres, sehingga akhirnya bisa juga ngeblog. Dan, aku juga suka banget momentumnya, as you shall see in my next posts. Kalo pengen dapet source informasi perkembangan web dan cyberculture terkini, langganan aja RSS-nya. Dan, ya, benar, blog ini mungkin bisa telat beberapa jam atau hari dari rilis-rilis resmi Silicon Valley, Redmond, dan orang-orang insider lainnya. Aku bukan Scoble dan nggak nyoba buat jadi dia; pembahasan-pembahasan di sini ga bakal terlalu teknis. I just wanna provide a great and casual source of information for you readers. So, enjoy ;)

Buat yang belum tau apa itu Giant Global Graph, itu istilahnya Tim Berners-Lee untuk perkembangan selanjutnya dari Web. Istilah ini ditulisnya beberapa bulan lalu, tepatnya akhir November. Kalo di Wikipedia, dia bakal redirect ke Semantic Web, meski menurutku agak beda juga. Intinya, GGG ini bakal kasih kamu power dan user-friendliness lebih besar dengan berbagai portabilitas data jejaring sosial, dan identitas terbuka (yang udah diadopsi Blogger ini). Buat yang males klak-klik, ini artinya kamu bakal cukup Sign Up satu kali, misalnya di Friendster atau MySpace, dan waktu kamu udah bosen dengan semua layout jelek dan spammingnya dan pengen pindah ke Facebook, kamu ga perlu Sign Up lagi karena datamu bisa diimpor dari akunmu di web lain. Praktis banget kan?

Tapi blog ini bukan cuma tentang GGG. Dia tentang semua hal yang menurutku keren dan revolusioner dari Web 2.0, termasuk tanda-tanda kemunculan Web 3.0, dan mungkin juga beberapa posting offbeat tentang teknologi secara umum.

Dan, ya, sampe detik aku nulis ini, di Google belum ada satu pun situs berbahasa Indonesia yang sempat menyinggung Giant Global Graph. So go ahead and subscribe to this blog's RSS, it's the best choice that will get you feeling really smart and sexy for the rest of your days.

No comments:

ShareThis