Sunday, February 10, 2008

Yahoo ke Microsoft: "Sori Ya Mas, Kayaknya Nggak Dulu Deh."

Hari ini udah banyak banget berita mengenai Yahoo! (NASDAQ: YHOO) yang nolak tawaran unsoliticed Microsoft (NASDAQ: MSFT) untuk beli seharga $31 per lembar saham, total $44.6 milyar. Beritanyanya yang lumayan komprehensif ada di New York Times tadi pagi, dan tentunya Wall Street Journal juga.

Jadi, kurasa aku nggak perlu banyak-banyak meliput lagi lah. Cuma sedikit komentar aja. Kalo buatku, walo protes Google emang right-on to the point (yang intinya bilang kalo takeover itu bakal menimbulkan ancaman monopoli internet dan mengancam keterbukaan informasi), kayaknya itu sedikit kekanak-kanakan kalo lihat keadaan Microsoft dan Yahoo! sekarang. Microsoft yang masih kacau soal Vistanya itu setelah kasi tawaran ke Yahoo! rugi $38 milyar karena sahamnya turun 13%. Bego banget deh. Mana gitu, dia udah bolak-balik kena kasus hukum di Uni Eropa gara-gara monopoli pasar. Kalo dia akuisisi Yahoo!, harusnya Google malah senang, soalnya kemungkinan justru Microsoft ga bakal bisa handle dan ancur semua. Kalo tanggepannya Microsoft sendiri, nolak dibilang monopoli. What else is new?

Sementara Yahoo! yang baru kehilangan Terry Semel dan harus mecat hingga 2,400 pegawai emang keliatan empuk buat tawaran tanpa minta ijin, Yahoo! sendiri sebenernya masih terus aktif upgrade berbagai fiturnya, termasuk akuisisi Rhapsody dan malah ngelaunch Yahoo! Live dengan API tiga hari lalu.

Saran Google sih, suruh outsource searchnya pake Google (baca: menyerah dalam pertarungan search sama Google aja, daripada menyerah total sama Microsoft). Sementara sekarang pilihan pertama Yahoo! adalah menawarkan diri $40 per saham, jadi sekitar $58 milyar, ke perusahaan Redmond itu. Jadi, Yahoo! bisa gabung sama Microsoft, ato bisa independen. Kalo independen, berarti keseimbangan tiga raksasa ini bisa sedikit lebih terjaga. Kalo gabung, bisa-bisa Microshoo! ini ngalahin Google dan monopoli internet dengan cara-cara Microsoft terkutuk itu, atau bisa jadi mereka hancur dan Google punya kekuatan berlebih. Penasaran gimana jadinya...

No comments:

ShareThis