Tuesday, February 12, 2008

WGA Strike Berakhir. Those Were Good Times...

Akhirnya, Writer's Guild of America Strike berakhir sudah. Well, OK, benernya udah kemarin berakhirnya, tapi karena batas kemanusiaanku aku baru sempat ngeblognya sekarang karena terlalu sibuk mengikuti laporan perkembangan perang Anonymous vs Scientology.

Waktu aku pertama tau mau berakhir itu tanggal 9 Februari kemarin, dan itu masih tentatif. Katanya mereka bakal ngadain vote untuk menentukan apa tawaran produser (yang sudah kasi draft selama satu bulan lamanya) enaknya disetujui apa nggak. Tanggal 10 pagi ada videonya juga dari persetujuan tentatif ini. Intinya, produser menawarkan pembayaran lebih untuk berbagai jenis download dan streaming internet, memenuhi tuntutan mereka yang asli.

[Ya, benernya masalah awalnya adalah -- 'cuz ternyata banyak orang yang tau kejadian WGA Strike pun ga tau masalah awalnya apa -- mereka merasa ga dapet pembayaran yang cukup untuk berbagai pemanfaatan naskah-naskah dan film-film mereka online. Maksudnya, mereka merasa dibayar cuma untuk televisi, padahal Hollywood memanfaatkan produk-produk mereka online untuk kepentingan perusahaan sendiri.]

Terus, tanggal 10 siang kemarin, PaidContent ternyata sudah punya hasil dari voting para pemimpinnya. Unanimous yes. Meskipun vote buat para anggota Guild masih dibuka sampe hari ini, kurasa hasilnya nggak bakal jauh beda. Jadi, kalian bisa segera mengharapkan kelanjutan serial Heroes dan Desperate Housewives. Smile! :)

Yang menarik buat aku, WGA Strike selama ini nunjukin bener-bener bahwa industri sedang berevolusi mengikuti perkembangan evolusi internet. It was really fun for me to watch when it lasted, ngamatin semua kepanikan dan ancaman yang ditimbulkannya :p termasuk Golden Globes tahun ini yang jadi supersepi. Bahkan sempat juga kenalan sama orang WGA yang mengaku lebih punya banyak waktu mengeksplorasi Media Baru ini, misalnya dengan proyek eksperimen narasi Web 2.0, Story2Oh!.

No comments:

ShareThis