Monday, February 11, 2008

PayPal Masuk Indonesia; Nggak Ngerti Kalo Bank-Bank Kita Pada Telmi

Buat yang belum tahu, PayPal sekarang bisa ditarik langsung cash di bank Indonesia. Dengan potongan rendah, pula! Ini berita baik banget pastinya, buat orang-orang Indonesia. Nggak takut hacker lagi? Yah, pasti ini berkaitan dengan akuisisi $169 milyarnya terhadap perusahaan keamanan Israel sehari sebelumnya. Hooray for Indonesian PayPal!

Ato paling nggak, gitu pikirku tadinya.

Jadi tadi pagi aku ke BNI untuk ngurus"7-digit bank identifier code" yang diminta PayPal (ya, walo udah launch sejak tepatnya dua minggu lalu aku baru sempet ngurus tadi pagi -- I'm such a slacker kalo di dunia baja-beton ini). Aku terangin keadaannya.

Dan mereka nggak tau apa itu PayPal.

Jadi si mbak customer service dan kawan-kawan ini (ya, benar, mereka semua nggak tahu yang namanya PayPal) sampe telepon ke BNI bagian luar negeri. Aku jelasin lagi.

Dan dia nggak tau apa itu PayPal.

Secara aku juga nggak tahu apa itu "7-digit identifier code," jadi aku cuma bisa terjemahin apa yang tertera di website PayPal yang bunyinya:

For Indonesian users, the bank code is a 7-digit number. This number is different from a SWIFT code required to send international wires. The 7-digit number assigned to each bank is typically used as an identifier to complete a local or domestic money transfer. Please call your bank to obtain the 7-digit bank code which designates your particular bank branch and location.
Mereka bilang angka 7-digit semacam itu nggak pernah ada.

Mungkin lain kali PayPal meresmikan servis tarik tunai di suatu negara, yang melibatkan pegawai-pegawai bank lokal, ada baiknya mereka selidiki terlebih dahulu seberapa telmi, gaptek, dan gak up-to-date-nya pegawai bank rata-rata di negara ybs (dan FYI, BNI Card Center Online dsb itu false advertising; prakteknya selalu error). Biar nggak terjadi lagi kekecewaan semacam ini.

Alhasil transaksi internasional masih pake wire transfer. Potongannya, bo... T_T

Catatan: Aku make BNI soalnya kartu kreditnya baru ngurus di situ. Bank lainnya belum tahu. Kalo wire transfer aku pake account BCA. Tapi yang ini kartu kredit belum diurus. Mungkin salah bankku? Kalo ada yang pengen protes karena pegawai-pegawai bank lain ada yang sedikit lebih cerdas, silakan komentar aja.

1 comment:

Anonymous said...

iya ,ironis emang dah perkembangan indonesia ini, DODOL , aku sering punya masalah dg paypayl dan bank indo ini...
bete deh ngomonginnya...
CS bank indonesia itu jg termasuk bos-bossnya TELMI semua ,kurang gizi...mereka kalo di tanya bingung, kalo di kasih tau malah merasa sok tau

ShareThis