Sunday, February 10, 2008

Kayak Fiksi Ilmiah: Hari-H Kelompok Hacker Anonymous vs Gereja Scientology

10 Februari! Akhirnya benar-benar terjadi! Perang resmi antara kelompok hacker pengacau yang namain diri Anonymous melawan Gereja Scientology ternyata benar-benar dilaksanain serentak hari ini, sesuai publikasi deklarasi perang mereka serta perusakan web Gereja Scientology bulan Januari lalu.

Di Sydney, Adeliade, London, orang-orang bertopeng itu bener-bener turun ke jalan. Pretty freaky. So cool. Kalo aku, sementara aku emang ga gitu suka cara kerja Gereja Scientology, tapi aku netral-netral aja (walo jujur aja, buatku konsep penyembahan Xenu itu bener-bener freaky). Ambil aksi segini drastisnya? Anonymous emang luar biasa.

Intinya, kelompok hacker ini menyatakan perang setelah Gereja Scientology sok-sokan jadi polisi internet dan nuntut video parodi Tom Cruise dan Scientology diturunin (bahkan ada yang bilang akun-akun MySpace yang kritis terhadap mereka dihapus), terlebih lagi cara-cara mereka yang [konon] brainwashing, dan terutama sekali karena posisi mereka yang seolah diistimewakan di konstitusi pemerintah dan perpajakan. Deklarasi perang hari ini yang dibuat dengan software suara ada di sini.

Tadinya, aku sempat mikir orang-orang Anonymous bakal error lagi, setelah pertama salah sasaran ke server sekolah Belanda, dan kedua salah meneror orang yang dikira petinggi Gereja (benar-benar memalukan). Untungnya, kaya deklarasi mereka hari ini, Scientology bersumpah nggak bakal nyerang secara fisik. Sementara Scientology juga nggak kalah memalukannya, waktu mereka ketauan bohong soal Anonymous pake foto dari koran lama. Orang-orang ceroboh yang bodoh. Padahal gayanya sangar. Dunia yang aneh.

Amazing, kan, betapa web bisa menggerakkan begitu banyak massa protes (orang-orang bertopeng, orang-orang bertopeng!) ke sebuah gereja yang dinilai nggak adil dalam konspirasi teknologi, informasi, dan ajarannya secara umum. Ada yang sok suci jadi polisi web pake nama agama, hackers bangkit, dan nggak tanggung-tanggung. Sometimes I really feel like I'm living a sci-fi novel. Don't you?

No comments:

ShareThis